Beranda

Selasa, 02 Oktober 2012

Tips-Tips Saat Ditimpa Masalah


Keresahan dan kegelisahan hidup apalagi pada jaman sekarang ini sangat-sangat kerap menimpa hampir setiap orang. Dengan berbagai kondisi yang penuh dengan ketidakpastian dan juga persaingan sehingga keresahan menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Tidak memandang si kaya ataupun si miskin.

Setiap manusia sekali-kali tidak akan pernah lepas dari satu kondisi buruk yang menimpanya. Apalagi bagi yang miskin, sebagian besar dari populasi penduduk dunia, himpitan akibat kebutuhan hidup ini terasa semakin berat. Tidak sedikit dari saduara-saudara kita yang memilih jalan pintas (bunuh diri) untuk terlepas dari segala permasalahan yang dihadapinya. Dan tidak sedikit juga yang hilang ingatan. Akibat stress yang berlebihan karena terlalu berat untuk memikirkannya, dan pada akhirnya menjadi gila.

Mudah-mudahan hal itu tidak terjadi kepada kita. Tekanan ekonomi yang kita hadapi harus mampu kita hadapi dengan lapang dada. Bukan mencari jalan pintas, tetapi hadapi dengan tenang agar mampu berpikir jernih untuk mencari solusinya.

Ada beberapa tips agar kita mampu mengatasi tekanan hidup:


1. Mendekatkan diri kepada yang maha kuasa

Keresahan yang terus menerus mendera kita kadang membuat kita putus asa. Dengan lebih banyak berdoa dan beribadah maka kekuatan hati kita akan senantiasa bertambah. Yakinkan kepada kita bahwa hidup kita tidak sendiri, Allah bersama kita. Yakinkan kepada hati kita bahwa Allah akan menolong kita. Dan jangan sekali-kali berburuk sangka kepada Allah, karena hal itulah yang akan menambah keresahan anda. Percayalah!


2. Tenangkan pikiran

Mengambil masa sedikit untuk mengambil nafas panjang mungkin menjadi salah satu cara agar kita lebih tenang, dan tidak shock saat ditimpa masalah. Bagi umat islam mengembalikan segala permasalahan ini kepada Allah swt. dengan membaca Innalillahi wainnailaihi raajiuun, adalah salah satu adab ketika ditimpa masalah. Menenangkan pikiran membuat kita mampu berpikir jernih untuk mencari solusi yang terbaik.


3. Berlapang dada

Artinya setiap permasalahan yang kita hadapi coba kita hadapi dengan pikiran yang lapang. Jadikan hati kita menjadi sebuah telaga sehingga akan mampu menawarkan pahitnya kehidupan. Jangan jadikan hati kita sebuah gelas yang hanya mampu menampung sedikit air saja, sehingga pahitnya hidup akan sangat terasa menyakitkan.


4. Cari solusi

Solusi ini terdiri dari solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang. Solusi jangka pendek berarti solusi yang ditujukan untuk mengatasi masalah itu sendiri pada saat itu. Sedangkan solusi jangka panjang adalah solusi yang ditujukan untuk menghindari masalah tersebut terjadi lagi di kemudian hari. Kalau memang kondisinya sangat mendesak tidak ada salahnya meminta tolong orang lain sebagai solusi sementara agar kita mampu bernapas untuk mengambil langkah yang lebih baik lagi.


5. Banyak berbagi

Ketika kita banyak berbagi kepada orang terutama yang sangat membutuhkan. Maka pada hakikatnya kita telah membangun kekuatan hati. Doa orang-orang yang kita beri mampu memberi sugesti dan kekuatan kepada untuk tetap tegar. Alangkah lebih baiknya jika berinteraksi langsung dengan mereka. Karena kita akan melihat langsung bahwa sebenarnya masalah yang kita hadapi mungkin masih lebih baik dibanding keadaan mereka. Mengapa kita harus berputus asa sementara mereka mampu menghadapinya?

Mungkin tips-tips ini akan sedikit membantu anda yang sedang ditimpa masalah. InsyaAllah!


By Tubagus Riburatnam


Tidak ada komentar: