Beranda

Senin, 15 Maret 2010

Empat Tips Agar Lebih Aktif dan Kreatif Berposting

Bismillah...

Itulah kata yang saya ucapkan pertama kali saat saya menulis posting ini. Sesuatu yang selalu menggelayut dalam pikiran saya adalah bagaimana supaya bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain termasuk anda.

Postingan ini sebenarnya bukan yang pertama karena blog ini sendiri sudah saya buat sejak tahun 2008. Ada beberapa postingan yang sempat saya publikasikan. Namun maaf, telah saya hapus. Hal ini saya lakukan demi untuk perbaikan konten blog ini agar menjadi sesuatu yang lebih berarti buat para pengunjung.

Selama ini banyak hal yang selalu menghambat saya untuk aktif menulis di blog ini. Keinginan untuk tampil dengan sempurna adalah salah satunya. Belajar dari para blogger hebat seperti Mas Joko Susilo atau Mas Medhi Aginta telah memberikan solusi atas masalah ini. Segala sesuatu yang mendikte pikiran saya agar selalu tampil dengan sempurna mulai memudar. Intinya, berusahalah untuk selalu memperbaiki kesalahan dan kekurangan. Sebelum anda benar-benar memahami dan melakukan segala sesuatunya, jangan bicara dulu kesempurnaan.

Ada beberapa hal pokok terutama untuk para new blogger agar bisa lebih aktif dan kreatif berposting di blog anda.

1. Melatih diri untuk membiarkan pikiran kita bermain dengan ide-ide. Pernahkah anda menangkap suatu ide bagus saat anda sedang mencuci misalnya. Meskipun dengan mesin cuci yang tercanggih sekalipun, selalu ada hal yang membuat anda berpikir, ehh, kok ininya begini ya? Kok, ga begitu ya? Artinya dari sisi pemikiran anda bahwa mesin tersebut belum menjadi sesuatu yang anda harapkan walaupun canggih, betul? Bagi produsen mesin cuci sesuatu yang anda pikirkan tersebut mungkin bisa jadi bahan untuk melakukan inovasi. Begitupun di dunia blogging. Sesuatu yang orang lain tulis, sebagus apapun tulisan tersebut selalu menyisakan celah kosong yang bisa anda isi dan anda ungkapkan untuk melengkapinya.

2. Mencatat ide-ide baru yang anda tangkap. Walaupun mungkin anda sedang berjalan, jangan lupa untuk mencatatnya. banyak cara untuk mencatatnya seperti dengan menulis dalam kertas atau lebih praktis anda mencatat dalam handphone anda segera.

3. Jangan pernah merasa pesimis dengan tulisan anda. Saat menulis anda mungkin berpikir bahwa apa yang anda tulis bukan hal yang baru, sudah basi, ketinggalan, dan lain sebagainya. Ingat, di belakang anda masih banyak orang yang mengantri untuk belajar menulis seperti anda. Berpikirlah bahwa tulisan anda bisa menjadi bagian dari pendorong dan motivasi bagi mereka yang masih takut dan ragu untuk menuangkan pikirannya.

4. Selalu belajar dari mereka yang telah berada di depan kita dan berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan konten blog anda.

Nah, bagaimana? Anda masih ragu juga? Ayo! segera login ke blog anda, klik new post dan mulai menulis. Biarkan otak anda dengan ide-idenya memainkan jari-jari tangan anda ke tuts-tuts keyboard.

Tidak ada komentar: